Kebersamaan, Babinsa Komsos Dengan Petani Rawat Tanaman Singkong

Penulis : Heri952

INFOBERITA.ID
Serda Darwin membantu Petani binaan merawat tanaman singkong, foto : Heri Indarto

INFOBERITA.ID-Guna mendongkrak perekonomian masyarakat agar memiliki Ketahanan Pangan yang kuat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah binaan dalam bidang pertanian sehingga terwujudnya program pemerintah dalam ketahanan pangan Nasional.

Babinsa Koramil 421-06/Natar, Serda Darwin membantu Petani binaan dalam aktifitas merawat tanaman singkong, menyemprot gulma rumput liar di sela sela tanaman singkong dilahan seluas sekitar 2 Hektar di Kebun milik Bapak Amin yang berlokasi di Dusun 4 Desa Rulung Sari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Serda Darwin menuturkan gulma rumput liar pada tanaman merupakan salah satu kendala yg sangat mengganggu dalam usaha pertanian, gulma merupakan tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan oleh petani pada lahan pertanian, karena dapat menurunkan hasil produksi yang bisa dicapai oleh tanaman, gulma sangat mengganggu dan meresahkan petani karena pertumbuhannya yang begitu cepat dan harus cepat ditanggulangi.

“Untuk mencegah gulma pada tanaman padi, caranya adalah dengan melakukan penyemprotan menggunakan Herbisida Novlect 120 EC, Novlect 120 Ec merupakan solusi untuk mengendalikan spesies gulma yang rentan dan juga dapat mengendalikan gulma yang sudah resisten dengan herbisida yang ada di pasaran selama ini dan Herbisida ini dapat memberikan harapan baru bagi para petani,” tuturnya, Selasa (30/1/2024).

Babinsa juga mengungkapkan bahwa kegiatan pendampingan terhadap petani merupakan upaya TNI membantu petani dalam mewujudkan swasembada pangan dan mendukung program pemerintah.

“Kami ikut turun langsung ke lapangan guna membantu para petani untuk mengendalikan tanaman dari gangguan gulma, hama dan penyakit lainnya, ini juga merupakan salah satu bentuk tanggung jawab kami dengan harapan semoga dengan apa yang sudah kami lakukan hasil panen singkongkedepannya akan lebih meningkat secara maksimal,” ujarnya.

Bapak Amin di lokasi kebun singkong menyampaikan kami salut dan bangga kepada para Babinsa yang selalu ada bersama kami tak mengenal waktu.

“Terimakasih bapak Babinsa,”ujarnya.