Koramil 421-06/Natar Gelar Upacara Bendera di SMPN 1 Natar

Penulis : Heri952

INFOBERITA.ID
Koramil 421-06/Natar menggelar Upacara Bendera Mingguan di SMPN 1 Natar Desa Merak Batin Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, foto: Heri Indarto

INFOBERITA.ID – Dalam rangka pembinan pertahanan Wilayah kegiatan Binter adalah upaya yang diselenggarakan oleh Satuan Jajaran TNI AD mewujudkan kekuatan pertahanan aspek darat, baik yang menyangkut wilayah pertahanan maupun kekuatan pendukung agar memiliki perlawanan dalam aspek kehidupan serta memiliki kemampuan dan keterampilan dalam upaya bela negara.

Kodim 0421/Lamsel melalui Koramil 421-06/Natar menggelar Upacara Bendera Mingguan di SMPN 1 Natar Desa Merak Batin Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, dengan Inspektur Upacara Danramil 421-06/Natar Kapten Chb Agus Masgusriyanto, kegiatan upacara bendera yang di laksanakan satu minggu sekali setiap hari senin, kali ini terasa istimewa, hal ini dikarenakan hadirnya Personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang menjadi Inspektur Upacara, Komandan Upacara maupun peserta upacara pada kesempatan tersebut.

Hadir dalam Upacara Bendera tersebut Danramil 421-06/Natar, Kapten Chb Agus Masgusriyanto sebagai Inspektur Upacara beserta seluruh anggota, anggota Koramil 421-01/Kdd, Danramil 421-05/Pdc, Kapten Cba Siswoko beserta anggota, anggota Koramil 421-09/Tjb, Kepala Sekolah SMPN 1 Natar Ibu Eva Yusnelita,M.Pd, Wakil Kepala Sekolah,  Pada ASN, Dewan Guru serta seluruh Siswa, Siswi SMPN 1 Natar Kecamatan Natar.

Dalam Amanatnya Danramil 421-06/Natar menyampaikan, Upacara Bendera merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang mencakup nilai-nilai penanaman sikap disiplin, kerja sama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab, hal ini dapat mendorong lahirnya sikap dan kesadaran Berbangsa dan Bernegara serta cinta tanah air di kalangan peserta didik, salah satu poin penting tujuan Upacara Bendera ialah menumbuhkan rasa Nasionalisme anak Bangsa.

“Nasionalisme merupakan jiwa Bangsa Indonesia yang harus melekat selama Negara ini masih berdiri, oleh karena itu, Upacara Bendera menjadi salah satu kegiatan penting untuk membentuk karakter Bangsa,” terangnya, Senin (22/1/2024).

Danramil berpesan, tingkatkan Keimanan dan Ketakwaan kepada Tuhan YME, dengan membudayakan berdoa sebelum memulai suatu kegiatan, agar yang kita dapatkan menjadikan berkah, dengan menjadikan diri sebagai tauladan yang bermanfaat.

“Semoga kelak dapat berguna bagi keluarga dan lingkungan, lebih-lebih bagi Bangsa Indonesia tercinta,” ujarnya.

Selanjutnya Danramil menekankan dan mengajak seluruh Siswa untuk tidak mengkonsumsi minuman keras dan menghindari Narkoba, karena dampak keduanya dapat merusak masa depan generasi muda, merusak fisik, mental dan melemahkan akal menjadi bodoh.

“Saya tekankan kepada anak-anak ku, jangan sekali-kali mencoba yang namanya sabu-sabu atau sejenisnya, karena semua itu tidak ada manfaatnya, hanya akan merusak masa depan kalian,” tegas Danramil.

Diakhir Amanatnya, Danramil mengatakan bahwa sebagai pemuda dan pelajar yang merupakan harapan bangsa, diharapkan agar selalu mentaati tata tertib yang ada disekolah, taat hukum dan menjadi anak yang sholeh dengan berbakti kepada kedua orang tua.

“Hindari pelanggaran yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga dan orang lain, para siswa juga diberi semangat untuk belajar, bekerja dengan baik untuk masa depan yang gemilang sehingga bisa meraih sukses dunia dan akhirat,” tukasnya.

Usai pelaksanaan Upacara Danramil juga memberikan Informasi dan Sosialisasi terkait Perekrutan menjadi anggota TNI dan mempersilahkan siswa yang berminat untuk menyiapkan diri dengan baik dan mendaftarkan diri menjadi anggota TNI.

“Silakan yang berminat mendaftar menjadi anggota TNI,” pungkas Danramil.

Pada kesempatan yang sama Kepala Sekolah SMPN 1 Natar, Ibu Eva Yusnelita,M.Pd mengucapkan terima kasih kepada Bapak Danramil Natar dan anggotanya atas partisipasinya sebagai Irup dan Komandan Upacara pada pelaksanaan Upacara Bendera di SMPN 1 Natar.

“Semoga Amanat Pak Danramil dapat menjadi pedoman bagi seluruh siswa dan siswi dalam menjalankan kegiatan proses belajar dan aktifitasnya sehari hari, saya juga berharap agar kegiatan ini dapat berkesinambungan untuk kedepanya,” tutur Kepala Sekolah.