Musim Tanam, Babinsa Turun Ke Sawah Bantu Petani Menanam Padi

Penulis : Heri952

INFOBERITA.ID
Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Sertu Heri Indarto melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian, foto: infoberita.id

INFOBERITA.ID – Sektor pertanian merupakan tulang punggung ketahanan pangan dan hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup masyarakat, karena tingkat kebutuhan masyarakat yang relatif tinggi, maka petani diharapkan senantiasa menjaga dan merawat tanamannya dengan baik, agar mencapai target yang dibutuhkan dan dapat menjaga stabilitas harga bahan pangan dipasar.

Pembinaan ketahanan pangan di kewilayahan terus ditingkatkan oleh Aparat TNI di wilayah khususnya Babinsa, seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Sertu Heri Indarto melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian membantu Bapak Selamat (60) yang sedang menanam Padi dengan Jenis Infari 32 di lahan sekitar 0,5 Hektar, petani binaan di Dusun Kaliasin III RT. 11 Desa Kalisari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Disela kegiatannya Babinsa Sertu Heri Indarto mengatakan, kegiatan yang dilakukannya merupakan salah satu upaya untuk mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan dan untuk mempererat kedekatan dengan warga binaannya.

“Kegiatan ini juga untuk mendorong dan memotivasi warga binaan dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat, Mengingat mayoritas masyarakat di pedesaan sektor pertanian dijadikan salah satu profesi andalan oleh karena itu ini berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi,” ujarnya, Sabtu (6/1/2024).

Lanjutnya, kegiatan pendampingan kepada para petani rutin dilakukan mulai dari penyiapan lahan, penyemaian bibit, tanam yang saat ini dilakukan, perawatan tanaman hingga saatnya musim panen nanti.

“Dengan harapan hasil panen padi saat ini bisa maksimal sesuai yang diharapkan oleh para petani, tujuan dari pendampingan ini untuk mempercepat masa tanam dan bentuk kepedulian TNI, khususnya Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kegiatan yang mendukung pemerintah daerah terutama di wilayah Kecamatan Natar dalam mewujudkan ketahanan pangan,” imbuhnya.

Senada, Danramil 421-06/Natar, Kapten Chb Agus Masgusriyanto mengatakan, kehadiran Babinsa dalam pendampingan pertanian merupakan upaya khusus untuk meningkatkan ketahanan pangan mempercepat pencapaian swasembada pangan.

“Dengan adanya Babinsa turun ke sawah membantu meringankan pekerjaan para petani, yang manfaatnya akan dimiliki para petani itu sendiri, paling tidak mengajak dan memotivasi para petani untuk senantiasa meningkatkan produksi pertaniannya,” tukas Danramil.

Dilokasi persawahan, Selamat mengucapkan terimakasih kepada Babinsa yang sudah menyemangati dan peduli dengan mereka (petani).

“Babinsa tiada hentinya membina kami dari mulai mengolah lahan, menyemai bibit, menanam padi sampai dengan panen selalu mendampingi kami sebagai Petani, Babinsa selalu di hati, kami bangga dengan TNI Khususnya Babinsa,” pungkasnya.