Peduli Lingkungan Hidup, Danrem 043/Gatam Pimpin Penanaman Pohon Serentak di Gunung Rajabasa

Penulis : Heri952

INFOBERITA.ID
Korem 043/Gatam dilakukan Kick off penanaman pohon secara serentak di wilayah Kodim 0421/LS berlokasi di Kaki Gunung Rajabasa, foto : Heri Indarto

INFOBERITA.ID – Dalam mensinergikan rasa cinta dan kepedulian TNI terhadap lingkungan Hidup di wilayah Korem 043/Gatam dilakukan Kick off penanaman pohon secara serentak di wilayah Kodim 0421/LS berlokasi di Kaki Gunung Rajabasa Desa Kecapi Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan, Senin (15/01/2024).

Kegiatan penanaman pohon secara serentak dipimpin langsung oleh Danrem 043/Gatam, Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin S.E dan dihadiri oleh Pejabat Forkopimda Provinsi Lampung serta Forkopimda Kabupaten Lampung Selatan beserta Dan/ Ka Satdisjan jajaran Korem 043/Gatam.

“Pelaksanaan penanaman pohon secara serentak ini merupakan program Komando Atas, Kita menyadari bahwa hutan berperan sebagai penyangga kehidupan dan sekaligus juga sebagai penyedia hasil hutan berupa kayu, kebutuhan pangan penghasil oksigen, sarana rekreasi dan konservasi keanekaragaman hayati, saat ini kita semua dihadapkan pada kenyataan bahwa lingkungan hidup telah mulai rusak” ungkap Jenderal Ma’ruf dalam sambutannya.

Ditambahkannya, pencemaran udara mengakibatkan langit diatas kita kurang cerah karena penuh dengan gas polusi, sementara itu lahan di sekitar kita sering terlihat gersang dan hutan banyak yang rusak akibatnya pada musim hujan kita mengalami bencana banjir, sebaliknya pada musim kemarau kita mengalami kekeringan ini merupakan pertanda bahwa kondisi hutan dan lingkungan disekitar kita mulai rusak.

“Selaku Komando Kewilayahan di wilayah Provinsi Lampung, saya merasa bertanggung jawab atas kelestarian hutan kita,” tegas Danrem.

Diterangkannya, pada hari ini kami secara serentak bersama Pemerintah Daerah serta pihak terkait lainnya melakukan penanaman pohon yang dilaksanakan di seluruh Kodim jajaran Korem 043/Gatam di Wilayah Provinsi Lampung dengan target penanaman 6.300 batang pohon di antaranya pohon durian, sengon, cemara, alpukat, pinang, jengkol, mangga, akasia, mahoni dan nangka.

“Tujuan dilaksanakan penanaman pohon adalah mewujudkan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan mengurangi dampak pencemaran,” tungkasnya.

Dituturkannya, kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari Pemerintah daerah dan terima kasih kepada seluruh jajaran TNI, khususnya Korem 043/Gatam karena ini yang kedua kali setelah penanaman pohon mangrove di Pantai Bagus Desa Merak Belantung Kecamatan Kalianda Kabupaten Lamsel Tahun 2023 lalu.

“Kegiatan penanaman pohon serentak ini sebagai bentuk nyata dukungan TNI kepada Pemerintah Daerah untuk mewujudkan pelestarian fungsi lingkungan hidup dan mengurangi dampak pencemaran lingkungan,” ujarnya.

Selain Melaksanakan Penanaman Pohon Secara Serentak, Danrem juga melaksanakan Bakti sosial berupa pembagian Paket Sembako Kepada para petani yang berada di seputaran Gunung Rajabasa.