Wujudkan Lingkungan Kondusif, Babinsa Bantu Rehab Pos Ronda

Penulis : Heri952

INFOBERITA.ID
Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Serda Deki Juliansyah gotong-royong bersama warga merehab Pos Ronda, foto: Heri Indarto

INFOBERITA.ID – Guna menciptakan kondisi wilayah yang kondusif, lingkungan aman, nyaman dari gangguan Kamtibmas serta menjalin hubungan yang baik antara Babinsa dengan warga binaan serta menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan masyarakat, Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Serda Deki Juliansyah gotong-royong bersama warga merehab Pos Ronda (Pos Kamling) di Dusun Windu Mulya Desa Margo Mulyo Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran.

Disela kegiatannya Serda Deki Juliansyah mengajak dan menghimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dengan meningkatkan kegiatan Ronda malam di lingkungan masing-masing.

“Pos Ronda atau Pos Kamling dibangun bersama masyarakat, untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing,” ujarnya, Senin (8/1/2024).

Ditambahkannya, Pos Kamling adalah pos penjagaan yang dibangun di tengah-tengah permukiman warga dengan tujuan untuk mencegah dan mengurangi terjadinya tindak kejahatan, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat menjaga lingkungan karena kepedulian warga masyarakat terhadap Kamtibmas sangat diperlukan.

“Kegiatan pembangunan Pos Ronda yang dibangun warga secara gotong-royong merupakan perwujudan rasa kebersamaan dalam hal menjaga kondusifitas di lingkungan karena¬† merupakan tempat berkumpul warga untuk melaksanakan Siskamling, dengan terbangunnya Pos Ronda tersebut nantinya di gunakan untuk kegiatan malam warga sekitar sebagai wadah untuk melaksanakan Ronda malam, dengan adanya kegiatan Ronda malam, Keamanan lingkungan bisa lebih ditingkatkan, Warga juga akan merasa lebih aman dan nyaman,” kata Serda Deki Juliansyah.

Babinsa juga menyampaikan pesan Keamanan dan ketertiban agar warga bisa memanfaatkan Pos Ronda sesuai fungsinya, Kegiatan Ronda malam digiatkan dengan membuat jadwal Ronda.

“Apabila permasalahan yang tidak bisa dipecahkan di tingkat Desa, bisa langsung berkordinasi ke Babinsa atau Bhabinkamtibmas,” tuturnya.

Danramil 421-06/Natar Kapten Chb Agus Masgusriyanto mengapresiasi kegiatan anggotanya di lapangan, meskipun banyaknya kegiatan yang harus dilaksanakan, anggotanya menyempatkan diri mengajak warga binaannya bergotong royong merehab Pos Ronda.

“Sangat penting menjaga keamanan lingkungan, karenanya keberadaan Pos Ronda tersebut sangat mutlak diperlukan di masyarakat untuk menangkal ancaman dan gangguan keamanan yang dapat merugikan warga,” terangnya.