Danramil 421-06/Natar Hadiri Lokakarya Mini Triwulan di UPTD PRI Tanjung Sari

Penulis: Heri952

INFOBERITA.ID
Danramil 421-06/Natar menghadiri rapat Lokakarya Mini Triwulan di UPTD Puskesmas Rawat Inap (PRI) Tanjung Sari, foto : Heri Indarto

INFOBERITA.ID-Danramil 421-06/Natar, Kapten Chb Agus Masgusroyanto yang di dampingi Babinsa Desa Tanjung Sari Kecamatan Natar Kopka Fadli Ronjani menghadiri rapat Lokakarya Mini Triwulan di UPTD Puskesmas Rawat Inap (PRI) Tanjung Sari Kecamatan Natar yang berlangsung di Ruang Aula PRI Tanjung Sari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Hadir dalam giat tersebut Camat Kecamatan Natar, Ibu Supi’ah,S.Ag, Danramil Danramil 421-06/Natar, Kapten Chb Agus Masgusriyanto, Kapolsek Natar yang diwakili oleh Iptu Darius Khan, Kepala Puskesmas Rawat Inap Tanjung Sari, Bapak Habil, Kepala Desa Tanjung Sari, Bapak Prayitno, Ketua TP PKK Desa Tanjung Sari, Ibu Suharti serta segenap ASN, Nakes dan Staf UPTD Puskesmas Rawat Inap Tanjung Sari Kecamatan Natar.

Kegiatan Lokakarya Mini Triwulan tersebut merupakan kegiatan rutin triwulan yang di laksanakan oleh Puskesmas Rawat Inap Tanjung Sari Kecamatan Natar dengan tujuan untuk menginformasikan capaian hasil kegiatan Triwulan sebelumnya, membahas dan memecahkan masalah serta hambatan yang dihadapi oleh Lintas Sektor pada kegiatan sebelumnya dengan menganalisa serta memutuskan rencana tindak lanjut (RTL) dengan memasukkan aspek umpan balik dari masyarakat dan sasaran program.

Kepala UPTD Puskesmas Rawat InapTanjungsari, Habil mengatakan Lokakarya Mini merupakan suatu pertemuan antar petugas puskesmas dengan sektor terkait untuk meningkatkan kerjasama tim, memantau cakupan pelayanan puskesmas dan membina peran serta masyarakat secara terpadu agar dapat meningkatkan fungsi Puskesmas.

“Kegiatan tersebut dalam rangka penguatan program kerja dan sebagai bentuk upaya penggalangan serta pemantauan kegiatan sesuai dengan perencanaan, Puskesmas di wilayah kerja Kecamatan Natar, Kegiatan Lokakarya Mini Triwulan melalui kerjasama tim baik lintas Program maupun lintas Sektor. dengan kegiatan ini harapan besar kami program di bidang kesehatan yang dicanangkan oleh Pemerintah berjalan dengan baik,” katanya, Jum’at (23/2/2024)

Sementara, dalam sambutannya Camat Natar, Supi’ah, S.Ag, mengharapkan melalui kegiatan lintas sektor ini mampu memberikan edukasi dan pemahaman pada masyarakat terutama tentang kesehatan lingkungan, karena dengan lingkungan yang sehat tentu kesehatan masyarakat akan terjaga dengan baik.

“Diharapkan kerjasama antar lintas sektor Babinsa, Babinkamtibmas, Puskesmas, Kepala desa dengan memberikan edukasi dan pemahaman agar masyarakat menjaga kesehatan lingkungan. Dimulai dari lingkungan rumah kita dulu, kalau rumah bersih tidak kumuh kesehatan akan terjaga juga dengan baik, nah kalau rumah jorok banyak sampah pasti banyak nyamuk yang ditakutkan masyarakat terkena DBD,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu juga Camat menerangkan, selain kesehatan lingkungan perlu kita tuntaskan juga program swasembada gizi dengan tujuan kasus Stunting di Kecamatan Natar turun.

“Program dari Pemerintah dan Swasembada gizi harus kita jalankan sebaik mungkin dengan selalu kompak kerja bersama atau sama-sama bekerja, termasuk juga program pengembangan K3 Kandang, Kolam, Kebun, ajak masyarakat memanfaatkan pekarangan untuk bercocok tanam sayuran, berternak, atau budidaya ikan supaya pemenuhan gizi kita tercukupi ada tambahan ekonomi dari situ,” tukasnya.

Ditempat yang sama, Danramil 421-06/Natar Kapten Chb Agus Masgusriyanto pada kesempatannya menyampaikan, Kegiatan Lintas Sektor Triwulanan Tahun 2024 ini diharapkan bisa berkesinambungan.

“Kami akan berupaya selalu bersinergi bersama Lintas Sektor untuk melaksanakan tugas, kususnya dibidang kesehatan,” ujarnya.

Danramil Natar juga menambahkan, melalui kegiatan lokakarya Triwulan kami mengharapkan pelayanan kesehatan khususnya di Puskesmas Rawat Inap Tanjung Sari Kecamatan Natar supaya ditingkatkan lagi agar masyarakat bisa merasakan kenyamanan atas pelayanan kesehatan.

“Kami mengucapkan terimakasih atas kerjasamanya selama ini sangat baik sehingga kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi, dan saya mengharapkan kepada petugas Puskesmas Rawat Inpa Tanjung Sari, supaya selalu koordinasi dengan Babinsa kami sehingga semua kegiatan di Desa Binaannya khususnya dibidang kesehatan bisa mencapai hasil yang maksimal yang ujungnya indek Kesehatan masyarakat naik tingkat dari sebelumnya,” tutur Danramil Natar.