Babinsa Koramil 421-06/Natar Bantu Petani Mengairi Sawah Dengan Mesin Pompa Air

INFOBERITA.ID

INFOBERITA.ID – Pembinaan ketahanan pangan kewilayahan terus ditingkatkan oleh Aparat TNI di wilayah khususnya Aparat Teritorial, untuk mendukung ketahanan pangan, kemanunggalan TNI bersama Rakyat sangat melekat demi mewujudkan Swasembada Pangan Nasional agar terciptanya Kesejahteraan dan Kemakmuran petani.

Babinsa Koramil 421-06/Natar, Kodim 0421/Lamsel, Sertu Rahmatullah, Sertu Abdul Gani dan Serda Ahmad Anuar turun ke sawah melaksanakan pendampingan membantu Bapak Suripto petani binaan mengairi sawah menggunakan mesin pompa air (Alkon) di Desa Rulung Raya Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, Senin (08/07/2024).

Mewakili Babinsa lain nya Sertu Rahmatullah mengatakan memasuki musim kemarau yang panjang mengakibatkan areal pertanian yang ditanami padi di Desa Rulung Raya Kecamatan Natar, kekurangan pasokan air, kondisi ini membuat para petani harus bekerja keras untuk mengatasinya agar tanaman padinya tetap hidup, salah satu solusinya dengan melakukan pengairan menggunakan Alkon mesin pompa air dari sumber air yang ada di areal pertanian.

“Perlu kerja keras untuk mempertahankan tanaman padi tersebut, sementara untuk memenuhi kebutuhan pengairan, sambil menunggu hujan turun, pengairan diambilkan dari sumber air yang ada disekitar lahan dengan cara menarik selang sepanjang puluhan meter, ini usaha sementara yang harus dilakukan,” jelasnya.

Masih dilokasi hamparan tanaman padi, Sertu Rahmatullah juga menjelaskan, Kebutuhan air tanaman padi sangat penting untuk pertumbuhan dan produksinya, rata-rata, tanaman padi membutuhkan 180-300 mm air per bulan untuk produktivitas yang optimal, namun kebutuhan air padi dapat bervariasi pada setiap fase pertumbuhan, dan juga bergantung pada varietas padi.

“Tanaman padi milik Bapak Suripto anggota Poktan Maju Jaya, saat ini dalam masa pertumbuhan, sehingga banyak memerlukan pasokan air, apabila kebutuhan air saat ini tidak tercukupi akan mengakibatkan kegagalan panen, sehingga petani akan mengalami kerugian,” jelas Babinsa.

Bapak Suripto pemilik lahan, menyampaikan terimakasih kepada Babinsa Jajaran Koramil Natar, Khususnya Babins Desa Rulung Raya Sertu Rahmatullah yang berperan aktif membantu kesulitannya maupun masyarakat Desa Rulung Raya, kegiatan seperti ini dirinya berharap agar terus dipertahankan dan ditingkatkan.

“Bila kebutuhan air pada tanaman tercukupi, maka tanaman akan tumbuh dan berkembang secara normal sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian,” ucap Bapak Suripto.

Penulis : Heriindarto952